WELCOME TO CHEMISTRY | UIN ALAUDDIN MAKASSAR

HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN KIMIA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

PENGUMUMAN! SEKOLAH YANG MASUK 5 BESAR ESSAY ALKALI CONTEST 2017 (SMAN 12 BULUKUMBA) (SMAN 8 BULUKUMBA) (SMAN 2 TINGGIMONCONG) (SMAN 1 PITUMPANUA) (P.P. ANNAHDA SUDIANG)

ALKALI KONTES

     ALKALI CONTEST ATAU Alkali (Ajang Lomba Kreatifitas Ilmiah) KONTES Se-Sul-Sel-Bar di latar belakangi oleh Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diera modern yang melaju dengan begitu pesat. Konsekuensi dari perkembangan zaman tersebut menuntut kepada seluruh generasi muda untuk senantiasa mengasa dan mengembangkan skill dalam setiap cabang ilmu pengetahuan. 
    Mahasiswa sebagai aktor intelektual dan akademisi dituntut untuk menjadi penentu nasib bangsa Indonesia di masa mendatang.
Kimia sebagai salah satu ilmu pengetahuan dasar atau basic science memiliki peranan yang penting dalam mendukung pengembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas SDM melalui pengembangan pola pikir dan daya nalar. Untuk itu, perlu adanya kegiatan yang diharapkan dapat menjadi sebuah stimulan berkembangnya pola pikir dan daya nalar yang menjadi pengukur tingkat kepemahaman dan kemampuan berfikir generasi muda, khususnya adalah siswa SMA.

Ilmu kimia sebagai salah satu cabang dari ilmu sains memiliki hubungan erat dengan Islam. Menurut Mehdi G. ada sekitar 750 ayat Al-Quran yang mengungkapkan fenomena alam yang beberapa ahli menyebut dengan ayat-ayat kauniyah.Tidak sedikit ayat yang menjelaskan tentang ilmu kimia secara harfiah dalam Al-Quran.

Berbagai kegiatan lomba dibidang  keilmuan juga terus diprogramkan oleh Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, baik Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Sains Tingkat Asia Tenggara, Tingkat Asia dan Tingkat Internasional. Kegiatan lomba ini ditujukan untuk semua generasi muda penerus bangsa Indonesia, baik dari tingkat SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi.

Berangkat dari hal tersebut maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Sains danTeknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar bermaksud mengadakan kegiatan kontes  Alkali (Ajang Lomba Kreatifitas Ilmiah) Se-Sulawesi Selatan, dengan tema “ Menciptakan Generasi Muda Yang Aktif, Kreatif dan Inovatif Dalam Bidang Kimia ”

TUJUAN
  1. Mengenalkan peran ilmu kimia dalam lingkungan dan kehidupan sehari-hari.
  2. Meningkatkan minat siswa SMA untuk mengkaji, memahami dan mendalami ilmu kimia lebih lanjut.
  3. Memasyaratkatkan ilmu kimia sebagai ilmu dasar dikalangan siswa SMA khususnya masyarakat pada umumnya.
  4. Untuk mempererat hubungan SMA dengan lingkungan Perguruan Tinggi.

LANDASAN KEGIATAN
  1. Pancasila dan UUD 1945
  2. Tri Dharma Perguruan Tinggi
  3. Program Kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar periode 2017.

NAMA KEGIATAN
Alkali (Ajang Lomba Kreatifitas Ilmiah) Contest 2017 Se-Sul-Sel-Bar

TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertemakan : “ Menciptakan Generasi Muda Yang Aktif, Kreatif dan Inovatif Dalam Bidang Kimia

BENTUK KEGIATAN
  1. Lomba Cepat Tepat Kimia (LCTK)
  2. Lomba Cabang Ilmu
  3. Lomba Chemistry Project
  4. Lomba Poster Ilmiah
  5. Lomba Essai

PESERTA KEGIATAN
Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMU atau sederajat di wilayah Sulawesi Selatan dan sulawesi barat.

DEWAN JURI
Sebagai anggota dewan juri dalam Alkali Contest 2017 adalah staf pengajar/dosen dari jurusan Kimia Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar yang masih aktif mengajar dan memiliki kompetensi dalam pembinaan pendidikan masyarakat Indonesia.